November 18, 2010

72.047 Sapi Korban Merapi Terancam Mati


kampoengternak.or.id (ilustrasi)
SLEMAN - Sebanyak 72.047 ternak korban Merapi di DIY dan Jateng belum dievakuasi dan terancam mati karena kekurangan pakan.
Saat ini, baru 10.231 ternak yang sudah dievakuasi yang tersebar 181 pos evakuasi penampungan ternak. Dari populasi keseluruhan ternak mencapai 396.198, terdiri 63.896 di DIY dan 332.302 ternak di Jawa Tengah (Boyolali, Magelang, Klaten).
“Ternak masih banyak di lokasi rawan bencana, sehingga belum bisa dievakuasi,” kata koordinator tim identifikasi penanganan ternak korban Merapi Ida Tjahajati di Tologoadi, Mlati, Sleman, Jumat (19/11/2010).

Ida menuturkan, pendataan dan evakuasi ternak korban Merapi ini masih terus berjalan. Proses evakuasi ternak selain dilakukan secara mandiri oleh peternak, juga bekerjasama dengan masyarakat peduli ternak, LSM, dan polisi.
“Saat ini kita terus mendata dan mencari lokasi yang dan akan digunakan sebagai tempat penampungan,” kata Guru Besar FKH UGM.
Untuk setiap pos evakuasi, kata Ida, pihaknya menugaskan para penyuluh untuk bertanggungjawab terhadap suplai pakan ternak. Sementara untuk penanganan kesehatan ternak dilakukan para dokter hewan yang tergabung dalam posko medik veteriner RSH Prof Soeparwi FKH UGM.
Tim identifikasi telah mendata jumlah ternak mati sebanyak 2.121 ekor, meliputi Sleman sebanyak 2.079 dan jateng 42 ekor. Jumlah ternak yang sudah dijual sebanyak 292 dan ternak yang mau dijual 3.807.
Ida menghimbau agar para peternak tidak menjual ternaknya kepada para pedagang karena kemungkinan harga yang ditawarkan di bawah harga pasar. Dia menyaranklan agar para pengungsi menjual ke pemerintah karena dibeli sesuai dengan harga pasar. Untuk sapi jantan dan kerbau dibeli Rp22 ribu per kilogram bobot hidup. Sedangkan sapi betina dewasa Rp20 ribu per kilogram bobot hidup.
Selanjutnya pedet sapi perah/potong Rp5 juta per ekor, sapi dara Rp7 juta per ekor, sapi bunting Rp9 juta per ekor, dan sapi perah laktasi Rp10 juta per ekor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih